PENYUSUNAN ALAT PERAGA EDUKATIF SENSORY PLAY BOX UNTUK MENSTIMULASI LIMA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK

Universitas Setia Budi Surakarta

  • Prilya Shanty Andrianie Program Studi S-1 Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Rosita Yuniati
  • Sujoko - Program Studi S-1 Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Patria mukti Program Studi S-1 Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Stimulasi sensoris merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan anak. Pada anak usia dini, mereka belajar dan mengembangkan kemampuannya dari pengalaman sensoris. Semakin bervariasi rangasangan yang diterima bayi-balita maka semakin kompleks hubungan antar sel-sel otak. Semakin sering dan teratur rangsangan yang diterima, maka semakin kuat hubungan antar sel-sel otak tersebut. Semakin kompleks dan kuat hubungan antar sel-sel otak, maka semakin tinggi dan bervariasi kecerdasan anak di kemudian hari, bila dikembangkan terus menerus, maka anak akan mempunyai banyak variasi kecerdasan.

Permainan sensoris pada anak menjadi hal yang sangat penting (krusial) bagi perkembangan otak anak. Lima hal yang perlu diperhatikan ketikan akan melakukan permaikan sensoris adalah look, touch, listen, feel, taste. Namun pada prakteknya terdapat beberapa kendala dalam melakukan permainan sensoris antara lain: kurangnya informasi mengenai sensory play, permainan sensoris sering kali membuat kotor dan berantakan, dan tidak memiliki alat peraga edukatif yang memadai.

Berdasarkan hal tersebut di atas, pengabdi tertarik untuk menyusun sebuah tool box berupa Alat Peraga Edukatif (APE) Sensory Play yang dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan permainan sensoris agar dapat memberikan stimulasi yang optimal bagi anak-anak. Metode yang digunakan dalampengabdian ini adalah merancang sebuah sensory play box untuk menstimulasi lima aspek perkembangan anak, yaitu perkembangan kognitif bahasa, fisik motorik kasar, motorik halus, sosial, dan emosi. Setelah merancang alat permainan educatif sensory play box, kegiatan selanjutnya adalah pemberian pelatihan terkait cara penggunaan sensory play box. Pelatihan ini diperuntukkan bagi para orang tua, guru, dan praktisi pendidik.

Keywords: Stimulasi sensoris, lima aspek perkembangan anak, sensory play box
Published
2017-10-01
Section
Articles