PEMERIKSAAN KADAR ASAM URAT DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEHATAN TUBUH PADA WARGA KELURAHAN GILINGAN KOTA SURAKARTA

Universitas Setia Budi Surakarta

  • Lucia Sincu Gunawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi
  • Kartinah w
  • Andang Arif Wibawa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi
  • Ratna Herawati

Abstract

Di Kelurahan Gilingan, dengan melihat kondisi sosio ekonomi dan pekerjaan yang meningkatkan resiko penyakit akibat   hiperurisemia, maka program pengabdian masyarakat dengan bentuk pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan merupakan bentuk yang pas dalam rangka meningkatkan derajat pengetahuan dan kesehatan warga secara umum, dan perbaikan kualitas sumber daya manusia secara umum.

     Alur kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dengan pembukaan, pendaftaran, pemeriksaan kadar asam urat, penyuluhan kesehatan, penutup dan hiburan. Dari data peserta kegiatan terdapat 124 peserta dan pada laporan pemeriksaan kesehatan terdapat 125 pasien yang memeriksakan diri. Peserta pemeriksaan kesehatan sebanyak 85 orang (68%) wanita dan 40 orang (32%) laki-laki. Dari hasil pemeriksaan kadar asam urat didapatkan hasil 50 sampel (40%) mengalami peningkatan asam urat, dengan kadar asam urat tertinggi didapatkan sebesar 11,1 mg/dL.

            Kegiatan lanjutan yang dapat dilakukan pada masyarakat di Kelurahan Gilingan ini berupa pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan yang terkait dengan faktor-faktor resiko terjadinya kenaikan asam urat, termasuk di dalamnya adalah hipertensi, fungsi ginjal dan metabolik lainnya

Keywords: asam urat
Published
2017-10-01
Section
Articles