PEMANFAATAN AROMATERAPI PADA BERBAGAI PRODUK (Parfum Solid, Lipbalm, dan Lilin Anti Nyamuk)

Universitas Setia Budi Surakarta

  • Fitri Kurniasari Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Nila Darmayanti Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Santi Dwi Astuti Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Aromaterapi merupakan metode pengobatan melalui media bau-bauan yang berasal dari bahan tanaman tertentu. Aromaterapi sering digabungkan dengan praktek pengobatan alternatif. Awalnya hanya terdapat dalam bentuk cairan esensial. Seiring perkembangan zaman, ada berbagai bentuk aromaterapi, mulai dari minyak esensial, dupa, lilin, garam, minyak pijat, dan sabun. Sesuai bentuk-bentuknya aromaterapi dapat dipergunakan sebagai pewangi ruangan, aroma minyak saat dipijat, berendam, bahkan untuk aroma badan setelah mandi.

Tujuan dari program kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang berbagai manfaat aromaterapi yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk produk serta memberikan pelatihan bagi siswa SMK Mandala Bhakti, Nusukan dalam pembuatan parfum solid, lipbalm dan lilin anti nyamuk yang mudah dan murah, sehingga diharapkan dapat menjadi peluang usaha.Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah melakukan penyuluhan tentang aromaterapi dan pelatihan pembuatan berbagai produk.

Manfaat dari program kegiatan ini adalah menambah pengetahuan siswa SMK Mandala Bhakti tentang aromaterapi, meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat produk aromaterapi secara mandiri yang mudah dan murah

Keywords: Aromaterapi, parfum solid, lipbalm, lilin anti nyamuk
Published
2017-10-01
Section
Articles