PELATIHAN PEMBUATAN GEL PENGHARUM RUANGAN PENGUSIR NYAMUK HERBAL SEBAGAI UPAYA PERINTISAN HOME INDUSTRI

Universitas Setia Budi Surakarta

  • Sri Rejeki Handayani Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Dewi Ekowati Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • ismi rahmawati Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • desi purwaningsih Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • mardiyono - Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Indonesia merupakan negara yang  terletak di daerah tropis, yang menjadi tempat nyaman untuk berkembangbiaknya nyamuk. Nyamuk merupakan salah satu masalah karena dapat menimbulkan berbagai penyakit dan mengganggu kenyamanan. Salah  satu penyakit yang timbul akibat nyamuk adalah demam berdarah dengue (DBD)

Tujuan dari program kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan tentang pengendalian DBD dan  manfaat berbagai tanaman  yang  akan digunakan sebagai bahan aktif  dalam  sediaan gel pengharum ruangan sebagai pengusir nyamuk  serta memberikan pelatihan bagi ibu-ibu warga RW 20, Nusukan dalam pembuatan gel pengharum ruangan anti nyamuk yang mudah dan murah, sehingga diharapkan dapat menjadi perintisan usaha industry rumah tangga. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah melakukan penyuluhan tentang DBD dan manfaat beberapa tanaman  dan pelatihan pembuatan  produk gel pengharum ruangan pengusir nyamuk.

Manfaat dari program kegiatan ini adalah menambah pengetahuan warga RW 20 tentang manfaat beberapa tanaman sebagai pengusir nyamuk sebagai sarana pengendalian penularan penyakit DBD, dan untuk meningkatkan kemampuan  warga dalam membuat produk gel pengharum ruangan pengusir nyamuk   yang mudah dan murah.

Keywords: DBD, gel pengharum ruangan, tanaman pengusir nyamuk
Published
2017-10-01
Section
Articles