PELATIHAN DAN PENYULUHAN PEMBUATAN SABUN HERBAL SEDERHANA SERTA PEMASARANNYA

Universitas Setia Budi Surakarta

  • Yane Dila Keswara Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Nur Aini Dewi Permatasari Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Sunarti -
  • Ganet Eko Pramukantoro Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Kebersihan diri meliputi bebas dari kotoran mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Sabun merupakan salah satu bahan pembersih sekaligus bahan antiseptik karena garam triestergliseridanya sendiri sudah merupakan bahan antiseptik. Bahan aktif antibakteri dalam formulasi sabun mandi dapat diambil dari bahan alami seperti tumbuhan dan buah-buahan. Sehingga membuka peluang bisnis dan usaha pembuatan sabun secara mandiri.

Tujuan dari program kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi warga Karangasem Rt 4 Rw 16 Kadipiro tentang peluang usaha mandiri serta pelatihan pembuatan sabun padat sederhana berbahan herbal sehingga masyarakat khususnya ibu-ibu diharapkan dapat membuat sabun beserta kemasan secara mandiri dan melakukan pemasaran.

Manfaat dari program kegiatan ini yaitu menambah wawasan masyarakat tentang sabun dan bahan aktifnya, meningkatkan pemahaman tentang herbal berkhasiat, menambah wawasan mengenai usaha mandiri rumah tangga sehingga bisa menambah penghasilan, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat tentang pembuatan sabun padat dan kemasannya.

Keywords: Usaha mandiri, Sabun padat, Bahan alam
Published
2017-10-01
Section
Articles