PEMERIKSAAN KOLESTEROL PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI RW 13 KELURAHAN NUSUKANKECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA

Abstract

Kelurahan Nusukan adalah salah satu kelurahan yang terdapat pada kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Kawasan ini mempunyai jumlah penduduk usia lanjut yang cukup banyak. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, kelurahan Nusukan terutama di RW 13 sudah terdapat Posyandu lansia, namun dalam pelaksanaannya jarang sekali dilakukan pemeriksaan kesehatan, khususnya pemeriksaan kadar kolesterol. Padalah beberapa lansia ditengarai menderita hipertensi bahkan dengan beberapa komplikasi.Oleh sebab itu diperlukanĀ  pemeriksaan kadar kolesterol danĀ  tekanan darah agar warga lansia di RW 13 kelurahan Nusukan dapat memantau kondisi kesehatannya dengan lebih mudah.

Tujuan dari program kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan gambaran bagi lansia tentang kadar kolesterol total dan memberikan penyuluhan tentang pengaturan pola hidup sehat bagi penderita hipertensi.

Dari 27 lansia yang diperiksa diketahui bahwa ada 22 lansia dengan tekanan darah diatas normal dan 5 lansia dengan kadar kolesterol diatas normal, dan setelah dilakukan penyuluhan terdapat penurunan sebesar 28% pada tekanan darah dan 4% pada kadar kolesterol

  • Rinda Binugraheni Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi
  • Edy Prasetya Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi
  • Nur Hidayati Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi
  • Nony Puspawati Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi
Keywords: Lansia, Colesterol, Hipertensi
Published
2019-08-02
Section
Articles
Abstract viewed = 169 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 177 times