PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

  • Yeni Angga Puspitasari
  • Titiek Puji Astuti
  • Sugiarti -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q. variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan tanggung jawab sosial lingkungan, pengungkapan tanggung jawab sosial lain-lain tenaga kerja, pengungkapan tanggung jawab sosial kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, pengungkapan tanggung jawab sosial keterlibatan masyarakat, pengungkapan tanggung jawab sosial produk, pengungkapan tanggung jawab sosial energi, dan pengungkapan tanggung jawab sosial umum. Penelitian ini menggunakan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 20112016. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) keterlibatan masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) kesehatan dan keselamatan tenaga kerja berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, (4) lain-lain tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (5) produk tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (6) energi tidak berpengaruh terhadap nilaiperusahaan, (7) umum tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai Perusahaan (Tobin’s Q), Ukuran Perusahaan
Published
2018-10-01