Knowledge Management Dosen Terhadap Kompetensi Mahasiswa Akuntansi Pada Perguruan Tinggi

  • Rosita Rosita Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Heri Susanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Ida Ayu Kade R.K. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Amy Wulandari Universitas Boyolali

Abstract

Permasalahan kompetensi akuntansi dalam proses pembelajaran pasca pandemi Covid-19 saat ini masih perlu perhatian. Penelitian-penelitian yang berkaitan dengan isu kompetensi pembelajaran akuntansi dimasa pandemi Covid-19 sudah banyak diteliti. Tetapi penelitian tersebut lebih banyak melihat dari sisi motivasi belajar, pengetahuan, ketrampilan, IPK, sikap mahasiswa, minat mahasiswa dan kemampuan mahasiswa dalam beradaptasi ditengah pandemi. Pada aspek dosen sebagai tenaga pengajar belum banyak dieksplorasi. Banyak penelitian belum melihat knowledge management dosen dalam beradaptasi dengan pembelajaran online, bagaimana kemampuan konseptual, situasional, instruksional dan penguasaaan teknologi pembelajaran online. Langkah awal dari penelitian ini adalah mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan obyek yang akan digunakan sebagai sample yaitu dosen perguruan tinggi jurusan akuntansi di DI YOGYAKARTA. Selanjutnya akan melakukan observasi dan penyebaran kuisioner sebagai sarana untuk memperoleh data yang akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian pemahaman TIK dosen tidak signifikan berpengaruh terhadap kompetensi mahasiswa sedangkan variabel sikap dosen dan personil KM berpengaruh signifikan terhadap kompetensi mahasiswa.

Published
2023-10-10