http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika/issue/feed Psikohumanika 2018-12-22T06:54:07+00:00 Sujoko, S.Psi, S.Pd.I, M.Si sujoko85@setiabudi.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Psikohumanika ( Jurnal Ilmiah Psikologi )</strong>&nbsp;merupakan media publikasi ilmiah bagi sivitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta, serta ahli-ahli lain yang berminat dibidang psikologi. Artikel yang dimuat merupakan hasil penelitian lapangan atau di laboratorium, kajian ilmiah dan kajian buku yang belum pernah dipublikasikan di media lain.</p> http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika/article/view/309 PENGARUH PELATIHAN BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATANKEMAMPUAN KONSENTRASI PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) 2018-12-22T06:54:07+00:00 Anastria Rafitaka anastriarafitaka@student.uns.ac.id Suci Murti Karini none@none.com Mahardika Supratiwi none@none.com <p style="text-align: justify;">Kurangnya kemampuan konsentrasi merupakan salah satu ciri anak yang mengalami <em>Attention Deficit Hyperactivity Disorder </em>(ADHD). <em>Brain gym </em>merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh <em>brain gym </em>terhadap peningkatan kemampuan konsentrasi anak yang mengalami ADHD.</p> <p style="text-align: justify;">Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kasus tunggal desain A-B, dengan fase <em>baseline</em> 4 kali dan fase intervensi 6 kali. Terdapat 11 gerakan <em>brain gym </em>yang diberikan kepada subjek. Subjek dalam penelitian ini satu anak yang mengalami ADHD. Metode pengumpulan data menggunakan tes <em>Digit Span </em>dan observasi durasi kemampuan konsentrasi dengan tugas mewarnai gambar. Analisa data yang digunakan adalah analisa grafik deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi.</p> <p style="text-align: justify;">Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konsentrasi meningkat dengan kecenderungan arah dan perubahan level meningkat +1 pada hasil tes <em>digit span </em>dan meningkat +23 pada observasi durasi kemampuan konsentrasi. Presentase <em>overlap </em>yang diperoleh pada pengukuran dengan <em>digit span </em>adalah 33,3% sedangkan pada observasi durasi kemampuan konsentrasi adalah 0%.</p> <p style="text-align: justify;">Simpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pelatihan <em>brain gym </em>berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan konsentrasi pada anak ADHD.</p> 2018-12-10T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika/article/view/310 KEPUASAN PERNIKAHAN PADA SUAMI DENGAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA 2018-12-22T06:51:25+00:00 Daniel P. H. Kristanto danielkristanto90@gmail.com M. Erna Setianingrum none@none.com <p style="text-align: justify;">Kepuasan Pernikahan dianggap sebuah hal yang penting dalam kehidupan. Kepuasan dalam sebuah pernikahan dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang yang dapat mempengaruhi banyak aspek dalam hidupnya. Biasanya dalam pernikahan, sosok pria dituntut untuk dapat memberi nafkah utama bagi keluarganya. Karena berbagai macam alasan, bisa saja wanita yang mengambil peran untuk menjadi pencari nafkah utama dalam keluarganya. Kondisi tidak lazim dalam pernikahan bisa saja mempengaruhi kepuasan dalam pernikahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif&nbsp; dengan 2 orang suami sebagai responden penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi terhadap responden dimana responden memiliki karakteristik seorang suami yang masih memiliki istri dan pendapatan utama keluarga diperoleh dari penghasilan istri. Hasil penelitian gambaran kepuasan pernikahan mengacu pada 10 aspek yang dikemukakan oleh Fowers dan Olsen (1898;1993) ditambah dari beberapa faktor-faktor lain yang memengarhi kepuasan pernikahan. Penelitian ini memperoleh hasil yang menyatakan bahwa kepuasan pernikahan dari responden 1 dan responen 2 berbeda.</p> 2018-12-10T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika/article/view/311 HUBUNGAN ANTARA PRASANGKA DENGAN PENYESUIAN DIRI PADA MAHASISWA TIONGHOA TERHADAP MAHASISWA PRIBUMI DI KOTA PADANG 2018-12-22T06:50:10+00:00 Ifani Candra ifani_candra@yahoo.com Krisnova Nastasia none@none.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan prasangka pada mahasiswa Tionghoa terhadap mahasiswa pribumi di kota Padang. Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah penyesuaian diri (<em>personal adjustment</em><em>)</em> dan variabel bebas adalah prasangka. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala peyesuaian diri dan skala prasangka. Sampel dalam penelitian ini adalah&nbsp; mahasiswa/i etnis tionghoa di kota Padang sebanyak 159 orang.</p> <p>Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik <em>Alpha Cronbach. </em>Hasil validitas pada skala penyesuaian diri bergerak dari r<sub>ix</sub>=0,324 sampai dengan r<sub>ix</sub>=0,750 dengan koefisien reliabilitas sebesar α=0,935, sedangkan pada skala prasangka validitas bergerak dari r<sub>ix</sub>=0,322 sampai dengan r<sub>ix</sub>=0,782 dengan koefisien reliabilitas sebesar α=0,840. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang negatif dan signifikan antara penyesuaian diri dengan prasangka mahasiswa Tionghoa terhadap mahasiswa pribumi, dengan nilai korelasi sebesar -0,594 dengan taraf signifikansi p=0,001. Artinya ada hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dengan prasangka dengan arah hubungan negatif. Hasil analisis sumbangan efektif prasangka terhadap penyesuaian diri adalah sebesar 35% dan 65% dipengaruhi oleh faktor lain.</p> 2018-12-10T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika/article/view/312 DAMPAK METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN 2018-12-22T06:47:06+00:00 Junita Dwi Wardhani junita.dwi@ums.ac.id Khusnul Khotimah none@none.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan metode demonstrasi terhadap perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis <em>One Group Pretest-Posttest Design</em>. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK ABA Cremo yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui status perkembangan emosi anak sebelum dan sesudah diberikan eksperimen sedangkan analisis inferensial untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dalam program SPSS 16.0 for windows yaitu <em>Paired Sample t-test</em>.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Berdasarkan analisis hasil penelitian menggunakan t-test diperoleh nilai t<sub>hitung</sub>=-24,355 dan -t<sub>tabel</sub>=-2,074 dengan probabilitas 0,000. Probabilitas 0,000 &lt; ɑ =0,05 maka hipotesis nol (H<sub>0</sub>) ditolak yang berarti penggunaan metode demonstrasi berdampak terhadap perkembangan emosi anakusia 5-6 tahun.</p> 2018-12-10T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika/article/view/313 PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA UNTUK MENSTIMULASI LIMA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK (BAHASA, MOTORIK KASAR, MOTORIK HALUS, SOSIAL, DAN EMOSI) 2018-12-22T06:46:14+00:00 Prilya Shanty Andrianie prilya.shanty@gmail.com Rosita Yuniati none@none.com Yustinus Joko Dwi Nugroho none@none.com <p>Pada anak usia dini setidaknya terdapat lima aspek perkembangan yang harus dikembangkan untuk menunjang tumbuh kembang anak menjadi optimal, antara lain Perkembangan Fisik Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa, Sosial, dan Emosi. Untuk menstimulasi lima aspek perkembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah bermain dengan menggunakan alat permainan edukatif.&nbsp;</p> <p>Subyek penelitian adalah guru TK dan orangtua serta pihak-pihak yang berkompetensi di bidang terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development (R &amp; D)</em>, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas produk tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa data kualitatif, dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa tahap pendahuluan, masukan dari validator, dan masukan dari subjek uji coba terhadap instrumen pengembangan. Data ini diperoleh dari evaluasi model APE Ular Tangga faktual, validasi model, uji coba terbatas, dan uji coba yang diperluas. Sementara data kuantitatif berupa hasil evaluasi dan keefektifan model APE Ular Tangga pengembangan. Analisa data menggunakan beberapa cara berbeda karena masing-masing digunakan untuk kepentingan yang berbeda. Data kualitatif menggunakan analisis isi sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif yaitu analisis persentase. Hasil dari FGD dan professional judgement menunjukkan bahwa dari segi materi permainan ular tangga &nbsp;ini dapat digunakan sebagai salah satu upaya menstimulasi lima aspek perkembangan anak dengan setiap aspek dapat distimulasi sebesar 100% namun di aspek motorik halus hanya mampu distimulasi sebesar 97%.</p> 2018-12-10T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##