PKM PHARMACYPRENEUR AROMATERAPI KAYU PUTIH (Melaleuca cajuput) BAGI SISWA SMK FARMASI

  • Wiwin Herdwiani Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Fransiska Leviana Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Tanaman kayu putih, memiliki tata nama latin Melaleuca cajuputatau Melaluca leucadendra,. Merupakan tanaman yang tangguh, bisa tumbuh di lahan tandus dan tahan panas (Deptan, 2015). Kandungan senyawa aktif dalam minyak kayu putih diantaranya adalah sineol 44-45%, terpineol, aldehyd valerat, butirat, benzoat, L pinen dan limonen. Minyak atsiri yang terkandung didalamnya telah terbukti sebagai peluruh gas (karminative) untuk mengurangi mual, muntah dan pusing serta flu (analgetika) (Depkes, 1979).

Minyak kayu  putih  akan diisolasi dari daun kayu putih  melalui destilasi uap. Distilasi (penyulingan) adalah proses pemisahan komponen dari suatu campuran yang berupa larutan cair-cair dimana karakteristik dari campuran tersebut adalah mampu-campur dan mudah menguap, selain itu komponen-komponen tersebut mempunyai perbedaan tekanan uap dan hasil dari pemisahannya menjadi komponen-komponennya atau kelompok-kelompok komponen. Karena adanya perbedaan tekanan uap, maka dapat dikatakan pula proses penyulingan merupakan proses pemisahan komponen-komponennya berdasarkan perbedaan titik didihnya (Munthana et al, 2009).

Mitra adalah SMK Kesehatan Donohudan dan SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta. SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta berdiri sejak tahun 2014 dengan SK Pendirian nomor020/YMBS/IV/2014, dibawah yayasan Mandala Bhakti.SMK Mandala Bhakti Surakarta, memiliki satu bidang jurusan  Farmasi.

SMK Kesehatan Donohudan berdiri di tahun 2012 dengan SK Pendirian Dikpora No. 421/6676/12/2011. SMK Kesehatan Donohudan  ini berada dalam pengelolaan Yayasan Lautan Ilmu Medika “Sulaeman”. SMK Kesehatan Donohudan memiliki program keahlian/jurusan Keperawatan, Farmasi dan Analis Kesehatan.

Kedua mitra memiliki jurusan Farmasi dimana salah satu tujuan di dalam proses belajar mengajarnya adalah mempersiapkan bentuk sediaan farmasi

Keywords: Aromaterapi, kayu putih
Published
2018-05-01
Section
Articles