PEMBUATAN PAKAN MADIRI UNTUK PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA LELE DAN LOBSTER AIR TAWAR DI KULONPROGO

  • Hery Muhamad Ansory
  • Anita Nilawati

Abstract

IbM Pengadaan alat produksi pakan  pellet ikan bagi Kelompok Budidaya Ikan (POKDAKAN) Puas Pamijan dan Green Lobster Air Tawar (LAT) di daerah Kulonprogo DI Yogyakarta telah dilaksanakan dalam bentuk  kegiatan pendampingan, pembimbingan dan pelatihan untuk meningkatkan produktivitas dengan menurunkan biaya pemeliharaan ikan leled an lobster air tawar.

Sasaran dalam pelaksanaan IbM adalah perbaikan dalam segi pemeliharan atau pembesaran ikan lele dan lobster dalam segi pakan, karena hal utama dalam budidaya ikan lele dan lobster air tawar adalah pemberian pakan, pemberian pakan yang teratur, kualitaspakan yang baik dan dengan porsi yang seimbang menjadikan waktu panen lele dan lobster air tawar sesuai dengan yang waktu yang telah ditentukan. Pakan yang digunakan oleh kedua mitradidapat dengan cara membeli di toko pakan ikan dengan harga yang dirasakan terlalu mahal membuat biaya pembesaran menjadi tinggi. Tingginya  harga pakan menjadikan produksi lele dan lobster air tawar menjadi sulit ditingkatkan, karena biaya pemeliharaan budidaya yang tinggi dan harga jual lele yang rendah serta waktu pemeliharaan lobster yang lama membuat pendapatan rendah.

Kegiatan IbM pengadaan mesin produksi pellet dan formula pakan yang baik, maka biaya pakan dapat ditekan lebih rendah dari harga Rp 9.600,- menjadi Rp 6.700,- sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari mitra (peternak ikan dan lobster air tawar). Kelompok budidaya ikan dapat memenuhi kebutuhan pakannya sehingga pemeliharaan dapat terus berjalan dan produksi lele serta lobster air tawar dapat meningkat.

Keywords: Lele, Lobster air tawar, Pellet
Published
2018-05-01
Section
Articles