The The Comparison of EQ-5D-5L with SF-6D Questionnaires to Measure The Life Quality of The Chronic Kidney Disease Patients in RSUD Kota Yogyakarta

  • NI WAYAN SUKAWATI UNIVERSITAS SETIABUDI SURAKARTA

Abstract

Penyakit ginjal kronik adalah suatu proses patofisiologis dengan etiologi yang beragam, mengakibatkan penurunan fungsi ginjal yang progresif, dan pada umumnya berakhir dengan gagal ginjal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik di RSUD Kota Yogyakarta yang dinilai menggunakan instrumen EQ-5D-5L dan SF-6D.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara prospektif, dengan membagikan kuesioner EQ-5D-5L dan SF-6D kepada pasien penyakit ginjal kronik yang melakukan pemeriksaan rawat jalan di RSUD Kota Yogyakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kuesioner SF-6D dan EQ-5D-5L valid dan reliabel untuk digunakan dalam menggambarkan kualitas hidup  pasien penyakit ginjal kronik rawat jalan di RSUD Kota Yogakarta. Nilai utilitas pasien penyakit ginjal kronik pada  kuesioner SF-6D sebesar 0,739 dan pada kuesioner EQ-5D-5L sebesar 0,617. Faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronik adalah jenis kelamin dan stadium yang dinilai dengan kuesioner SF-6D dan EQ-5D-5L.

References

-
Published
2021-11-29