PENGARUH PELATIHAN BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATANKEMAMPUAN KONSENTRASI PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD)

  • Anastria Rafitaka Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret
  • Suci Murti Karini Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret
  • Mahardika Supratiwi Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret

Abstract

Kurangnya kemampuan konsentrasi merupakan salah satu ciri anak yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Brain gym merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brain gym terhadap peningkatan kemampuan konsentrasi anak yang mengalami ADHD.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kasus tunggal desain A-B, dengan fase baseline 4 kali dan fase intervensi 6 kali. Terdapat 11 gerakan brain gym yang diberikan kepada subjek. Subjek dalam penelitian ini satu anak yang mengalami ADHD. Metode pengumpulan data menggunakan tes Digit Span dan observasi durasi kemampuan konsentrasi dengan tugas mewarnai gambar. Analisa data yang digunakan adalah analisa grafik deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konsentrasi meningkat dengan kecenderungan arah dan perubahan level meningkat +1 pada hasil tes digit span dan meningkat +23 pada observasi durasi kemampuan konsentrasi. Presentase overlap yang diperoleh pada pengukuran dengan digit span adalah 33,3% sedangkan pada observasi durasi kemampuan konsentrasi adalah 0%.

Simpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah pelatihan brain gym berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan konsentrasi pada anak ADHD.

Keywords: Brain gym, kemampuan konsentrasi, ADHD
Published
2018-12-10