DAMPAK METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Junita Dwi Wardhani Prodi Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Khusnul Khotimah Prodi Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan metode demonstrasi terhadap perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK ABA Cremo yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui status perkembangan emosi anak sebelum dan sesudah diberikan eksperimen sedangkan analisis inferensial untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dalam program SPSS 16.0 for windows yaitu Paired Sample t-test.

 

Berdasarkan analisis hasil penelitian menggunakan t-test diperoleh nilai thitung=-24,355 dan -ttabel=-2,074 dengan probabilitas 0,000. Probabilitas 0,000 < ɑ =0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak yang berarti penggunaan metode demonstrasi berdampak terhadap perkembangan emosi anakusia 5-6 tahun.

Keywords: Metode demonstrasi, perkembangan emosi, anak usia 5-6 tahun
Published
2018-12-10