STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN BERDASARKAN ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DENGAN DIAGRAM KARTESIUS

  • Rosita Yuniati Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam kualitas pelayanan pendidikan, antara kinerja dan harapan yang diinginkan oleh mahasiswa sehingga dapat diketahui strategi yang digunakan untuk dapat meningkatkan jumlah student body dengan diagram Kartesius.

Metode yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian adalah penelitian non-eksperimental dan bersifat observasional asosiatif yaitu dengan melakukan observasi dengan menggunakan kuesioner.  Data penelitian dikumpulkan dari responden mahasiswa Universitas Setia Budi, dengan menggunakan kuesioner tertutup.  Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik Disproportionate Stratified Random sampling. Analisis data menggunakan diagram Kartesius. 

Hasil dari penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kualitas pelayanan pendidikan yang diterima (perceived service) dengan tingkat kualitas pelayanan pendidikan yang diharapkan (expected service) oleh mahasiswa Perguruan Tinggi, dimana Equal variances not assumed Sig = 0,000 < 0,05. Untuk meningkatkan jumlah student body pada Perguruan Tinggi, strategi pemasaran yang harus diperhatikan dengan prioritas utama adalah pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana, tata kelola, dan suasana akademik.

Keywords: Pemasaran pendidikan, diagram Kartesius
Published
2018-12-10