HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN REGULASI EMOSI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara religiusitas dengan perilaku bullying pada siswa SD di Surakarta. (2) Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku bullying pada siswa SD di Surakarta. (3) Hubungan antara religiusitas dan regulasi emosi dengan perilaku bullying pada siswa SD di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V pada dua SDN “X” dan SDN “XX” berjumlah 130 siswa dengan jumlah sampel 95 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala, ada tiga skala yaitu religiustas, regulasi emosi, dan perilaku bullying. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas dengan perilaku bullying pada siswa SD dengan hasil uji korelasi product moment sebesar -0,491 dengan hasil p sebesar 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif religiusitas tehadap perilaku bullying adalah 24,1%. (2) Ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku bullying pada siswa SD dengan hasil uji korelasi product moment sebesar -0,375 dengan hasil p sebesar 0,002 (p < 0,05). Sumbangan efektif regulasi emosi tehadap perilaku bullying adalah 14%. (3) Ada hubungan antara religiusitas dan regulasi emosi dengan perilaku bullying pada siswa SD dengan nilai Fhitung sebesar 9,41 dengan p = 0,000 (p < 0.05). Kontribusi atau sumbangan religiusitas dan regulasi emosi terhadap perilaku bullying pada siswa SD sebesar 39,1%.