PERAN AYAH DALAM MASYARAKAT JAWA: TINJAUAN PSIKOLOGI INDIGENOUS

  • Patria Mukti Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta
  • Endang Widyastuti Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengeksplorasi secara mendalam mengenai peran keluarga dalam perspektif Indigenous budaya masyarakat jawa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Target khusus dalam penelitian ini adalah peran ayah dalam perspektif Indigenous budaya masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mental masyarakat.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan open ended questioner analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Tahapan penelitian meliputi analisis kancah penelitian, kajian pustaka, pengumpulan data untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul, penetapan kategori, untuk diambil kesimpulan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah open ended questoner sebagai data primer dan dokumentasi sebagai data sekundernya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ayah dalam masyarakat Jawa lebih pada seorang ayah mengajarkan sopan santun, keramahan, kejujuran, tanggung jawab, budaya. Memberi contoh dalam mendidik anak, bagaimana menjadi panutan, motivator serta menjadi pemimpin dan tulang punggung keluarga.

Keywords: Peran ayah, Indigenous jawa
Published
2018-06-30