PENINGKATAN KECERDASAN MORAL MELALUI PERMAINAN EDUKATIF QUARTET CARD PADA ANAK USIA SEKOLAH

  • Mahardika Supratiwi Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Sebelas Maret

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif quartet card dalam meningkatkan kecerdasan moral pada anak usia sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain untreated control group design with dependent pretest and posttest. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berasal dari dua sekolah yang berbeda. Subjek penelitian pada kelompok eksperimen berjumlah 15 siswa kelas IV-B SDN Pucangsawit No.119 Surakarta, sedangkan subjek penelitian pada kelompok kontrol berjumlah 16 siswa kelas IV SDN Jagalan Surakarta. Permainan edukatif quartet card diberikan pada kelompok eksperimen sebanyak tiga kali pertemuan. Data kecerdasan moral diungkap menggunakan Skala Kecerdasan Moral. Kecerdasan moral diukur sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan setelah perlakuan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji Analisis Kovarian (Anakova). Uji Anakova menunjukkan nilai F = 4,345 dengan p = 0,047 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kecerdasan moral yang signifikan antara kedua kelompok. Kelompok eksperimen (M=132,87) memiliki rata-rata skor pemahaman mengenai kecerdasan moral yang lebih tinggi dari kelompok kontrol (M=123,06). Berdasarkan hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa permainan edukatif quartet card dapat meningkatkan kecerdasan moral kelompok eksperimen.

Keywords: Kecerdasan moral, permainan edukatif quartet card, anak usia sekolah

Author Biography

Mahardika Supratiwi, Program Studi Pendidikan Khusus FKIP Universitas Sebelas Maret

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Published
2018-06-30