IDENTIFIKASI DAN PELATIHAN OPTIMALISASI LEARNING STYLE SISWA SMA NEGERI 8 SURAKARTA

  • Sujoko . Program Studi Psikologi Universitas Setia Budi
  • Patria Mukti Program Studi Psikologi Universitas Setia Budi
  • Prilya Shanty Andrianie Program Studi Psikologi Universitas Setia Budi
  • Rosita Yuniati Program Studi Psikologi Universitas Setia Budi

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan agar siswa memahami learning style nya sehingga bisa meningkatnya kemampuan mereka dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru dan dapat membangun kesadaran dan keyakinan diri akan kemampuan dan potensi yang mereka miliki.

Program pengabdian ini dilakukan di SMA N 8 Surakarta. AdapunĀ  siswa yang dilibatkan dalam program pengabdian ini adalah siswa kelas IX MIPA 1 dan MIPA 2. Dalam kegiatan ini ada dua metode yang dilakukan. Pertama, tim dari Prodi S1 Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta melakukan assesment learning style siswa dengan alat tes identifikasi learning style dan membuat laporan hasil assesment tersebut. Kedua, setelah hasil assesment dianalisis kemudian dilakukan pelatihan learning how to lear dengan memfokuskan pada cara belajar yang efektif untuk setiap jenis learning style visual, auditoris, reading dan kinestetik.

Hasil yang diperoleh dari program pengabdian ini adalah; kelas IX MIPA 1; gaya belajar visual 9%, auditory 17%, read-write 29%, kinestetik 21%, R/K 8%, V/K 4%, A/K 8%, V/A/K 4%. Sedangkan kelas IX MIPA 2; gaya belajar visual 28%, auditory 0%, read-write 20%, kinestetik 36%, A/R 4%, V/R 4%, A/K 4%, V/K 4%.

Keywords: Identifikasi, Optimalisasi, Learning style
Published
2016-11-30