KUALITAS HIDUP MAHASISWA DISABILITAS ANGKATAN PERTAMA DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI INKLUSI

  • Faizah Faizah Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas hidup mahasiswa disabilitas dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi Inklusi. Pendidikan di perguruan tinggi memiliki prosedur dan tuntutan yang lebih besar dalam hal pembelajaran, adaptasi dengan lingkungan sosial kampus. Kualitas hidup meliputi fisik, psikologis, tingkat kebebasan, hubungan sosial, lingkungan, spiritual/agama atau kepercayaan seseorang.

Metode penelitian menggunakan kualitatif fenomenologi, partisipan penelitian adalah mahasiswa disabilitas angkatan pertama tahun 2012 melalui convenience sampling sebanyak 2 orang mahasiswa. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner terbuka dan wawancara. Teknik analisis data model interaktif menurut Miles & Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subjek memiliki kualitas hidup yang berbeda dalam menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Subyek M dapat menjalani kehidupan secara berkualitas karena persepsi akan dirinya cenderung positif, kesehatan fisik dan kesehatan mentalnya dapat dijalani dengan baik. hal ini terlihat dalam setiap domain kualitas hidup. Sedangkan subyek Y saat ini masih dalam proses adaptasi khususnya kondisi fisik dan mental yang masih belum seimbang, namun pandangan yang lain cenderung selaras seperti hubungan sosial, tingkat kebebasan, lingkungan dan spiritual.

Keywords: Kualitas hidup, mahasiswa disabilitas, perguruan tinggi inklusi
Published
2016-11-30