PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DENGAN TEHNIK MIND MAPPING TERHADAP PRETASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

  • Mia Anita Lestari Fakultas Psikologi Universitas Tama Jagakarsa – Jakarta Selatan

Abstract

Penelitian ini menguji Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Dengan Tehnik “Mind Mapping” Terhadap Prestasi Belajar Dan Kreativitas Siswa Sekolah Pertama. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan eksperimement dan deskriptif statistik sedangkan untuk desain penelitian control group post test only group design. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan dua kelas yaitu Kelas VIII A terdiri dari 39 siswa (eksperimen) sedangkan untuk kelas VIII B terdiri dari 38 siswa (Control). Kelas Eksperiment,  peneliti memberikan perlakukan dengan pemberian konsep belajar metakognitif dengan tehnik pembelajaran mind mapping, sedangkan untuk kelas control peneliti tidak memberikan perlakuan apapun dan belajar seperti biasa secara konvensional. Data hasil penelitian berasal dari Ujian Tengah Semester (UTS) untuk prestasi belajar, tes Creativity Quotient (CQ) untuk kreativitas dan pemberian pengukuran Intelgensi (IQ) dengan menggunakan alat test CFIT. Tujuan dari pemberian tes intelegensi adalah sebagai data control pada saat pelaksanaan penelitian.  Data tersebut dianalisis secara statistik diketahui bahwa F = 1.035 (P = 0.315) karena p diatas 0.05 maka dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan prestasi pada kelompok eksperiment maupun kelompok control (data equal / homogen). Dan berdasarkan data t hitung diperoleh bahwa -0.859 (sig < 0.05) artinya tidak ada perbedaan prestasi antara kelompok control maupun kelompok eksperiment. Sedangkan dalam pengukuran kemampuan metakognisi dilakukan analisis dengan menggunakan skala MAI (metacognitive Awarness Inventory) yang terdiri dari 52 pertanyaan. Kelas eksperiment dengan pendekatan metakognisi dengan tehnik mind mapping lebih terorganisasi apabila dibandingkan dengan kelompok control yang menggunakan tehnik belajar konvensional. Dengan persentasi perbandingan adalah sebagai berikut : 38% untuk Kelompok Eksperiment (KE) dan 20 % kelompok control (KK).

Keywords: Metacognitive, Mind mapping, Kreativitas, Prestasi
Published
2016-11-30