EFEKTIVITAS PEMBERIAN MOTIVATION TRAINING TERHADAP KESIAPAN MENTAL SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

  • Patria Mukti Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi
  • Sujoko Sujoko Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang dihadapi remaja cukup banyak selain masalah perkembangan, permasalahan yang sering dihadapi oleh pelajar dan cukup meresahkannya adalah permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan sekolahnya. Terlebih lagi masalahnya saat menghadapi ujian, ujian penentu lulus atau tidak nya seseorang, maka dia akan menjadi lebih cemas dan takut untuk menghadapinya.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana efektivitas motivation training terhadap kesiapan mental siswa menghadapi ujian nasional. Penelitian ini nantinya akan menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 8 Surakarta.

Berdasarkan hasil analisis diketahui rata-rata motivasi siswa sebelum diberi perlakuan adalah 109.68 dengan standar deviasi 7,771. Sedangkan rata-rata motivasi siswa setelah diberi perlakuan adalah 107,08 dengan standar deviasi 8,944. Angka korelasinya menunjukkan angka 0,52 dan nilai signifikasninya 0,663 jauh lebih besar dari 0,05. Hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh pemberian motivation training terhadap kesiapan mental siswa dalam menghadapi ujian nasional.

Keywords: Motivation Training, Kesiapan Mental
Published
2016-06-30