OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SISWA MELALUI ALAT PERAGA EDUKATIF

  • Bagus Ismail Adhi Wicaksana Program Studi Teknik Industri Universitas Setia Budi
  • Yustinus Joko Dwi Nugroho Program Studi Psikologi Universitas Setia Budi
  • Endang Widyastuti Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi

Abstract

Program Iptek bagi Masyarakat( IbM) dengan judul : “Optimalisasi Pembelajaran Siswa Melalui Alat Peraga Edukatif” merupakan salah satu usulan yang lolos seleksi dan memperoleh pendanaan untuk tahun anggaran 2015. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat dalam belajar siswa dengan cara yang sesuai dengan tahap perkembangannya melalui Alat Peraga Edukatif (APE) sehingga pembelajarannya lebih optimal di kedua mitra. Luaran dari program ini adalah alat peraga edukatif berupa beberapa bangun ruang mika yang dapat dibuka menjadi jaring-jaring, media pembelajaran membaca, media pembelajaran berhitung serta media latihan menggunakan metode brain gym (8 tidur). Selain itu, juga ada beberapa alat pendukung optimalisasi pembelajaran siswa di kedua mitra yaitu: computer, printer dan software pembelajaran calistung, yang juga berfungsi sebagai peraga edukatif interaktif.

Berdasarkan hasil evaluasi target capaian pada akhir program yang dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner kepada guru pengampu, pengelola dan beberapa siswa, dapat disimpulkan bahwa ketersediaan beberapa alat peraga diatas memberikan dampak dalam pembelajaran siswa. Mereka menyatakan bahwa dengan adanya APE tersebut memudahkan dalam memberikan ilmu kepada siswa baik yang normal ataupun berkebutuhan khusus. Selain itu, minat belajar siswa di kedua mitra meningkat.

Keywords: Iptek Bagi Masyarakat, Alat Peraga Edukatif, Pembelajaran Siswa
Published
2016-06-30