HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN DEPRESI PADA ORANG TUA DARI ANAK YANG MEMILIKI PENYAKIT KANKER DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI

  • Pradhita Basundhary Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi
  • Aditia Nanda Priyatama Program Studi S1 Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abstract

Depresi  merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan munculnya pandangan negatif terhadap peristiwa yang terjadi. Orangtua anak penderita kanker sangat rawan mengalami depresi mengingat dampak dari penyakit kanker yang dialami oleh anaknya. Orangtua yang memiliki dukungan keluarga rendah akan lebih rentan mengalami depresi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga terhadap depresi pada orangtua anak penderita kanker. Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan 2 variabel, yaitu dukungan keluarga dan depresi. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan skala dukungan keluarga dan skalaBeck Depression Inventory(BDI). Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Jumlah sampel yang dianalisis sebanyak 50 orang. Teknik analisis menggunakan analisis Product Moment Pearson dengan bantuan SPSS versi 17.0.

Berdasarkan dari hasil penelitian, diperoleh hasil koefisien korelasi (r) sebesar -599 dengan p = 0,000 (p ˂ 0,01) antara variabel dukungan keluarga dan variabel depresi. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya, ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan depresi pada orangtua anak penderita kanker.

Keywords: Orang tua anak penderita kanker, Dukungan Keluarga, Depresi
Published
2016-06-30