PENYUSUNAN SKALA SIKAP TERHADAP PELAJARAN PRAKTIS

  • Jelpa Periantalo Program Studi Psikologi - Universitas Jambi
  • Fadzlul Fadzlul Program Studi Psikologi - Universitas Jambi
  • Rahmadhani Islamiah Program Studi Psikologi - Universitas Jambi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menyusun Skala Sikap terhadap pelajaran Praktis yang memenuhui proprertis psikometris yang baik: valid, reliabel, praktis, terstandardisasi dan bermanfaat. Skala terdiri dari pelajaran Seni Budaya,  Muatan  Lokal, Olahraga, dan Teknologi Informasi dan Komputer. Sikap meggunakan teori Charles Osgood, terdiri dari komponen: potensi, aktivitas, evaluasi. Skala menggunakan teknik penskalaan semantif differensial dengan kontinum 1-7. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total subjek N=694 terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa. Uji kecocokan model menghasilkan KMO > 0,900 dan BTS dengan LOS 0,000 sehingga data layak untuk analisis faktor.  Hasil analisis faktor konfirmatori dengan metode varimaks mengkonfirmasi ketiga faktor pembentuk alat ukur tersebut. Aitem final skala menggunakan aitem dengan muatan faktor > 0,700 yang terdiri dari tiga aitem setiap sub skala. Skala dibuat dalam dua bentuk; utama dan paralel; dimana ujian Mean (M), varians (S²) dan korelasi (rxy) menghasilkan koefisien yang setara. Uji reliabilitas tes paralel menghasilkan koefisien ekivalensi рxx’’ >0,75. Skala menggunakan norma kriteria dengan lima klasifikasi. Skala dapat digunakan untuk pembelajaran, evaluasi, uji kriteria alat ukur lain, peminatan SMA dan penjurusan kuliah. Skala tersebut memiliki validitas faktorial yang sangat memuaskan, reliabilitas yang baik, jumlah aitem yang sedikit, norma yang jelas, serta dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Penelitian berikutnya melakukan uji validitas dengan berbagai kriteria untuk mendukung validitas konstrak.

Keywords: sikap, faktor, muatan ekivalensi, paralel, semantif differential
Published
2019-06-28