PERANCANGAN PDF VIEWING SECARA ONLINE PADA USBLIB

  • Adhie Tri Wahyudi Fakultas Teknik, Universitas Setia Budi, Surakarta
  • Tri Putra Bangsawan Fakultas Teknik, Universitas Setia Budi, Surakarta

Abstract

Digital library system menjawab kebutuhan user (pengguna) dalam hal pelayanan digital pada perpustakaan. Digital library system di Universitas Setia Budi
(USBLib) memberikan nilai tambah tersendiri dapat diakses melalui internet tanpa mengenal waktu dan tempat. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membuat rancangan PDF Viewing pada USBLib secara online. Proses analisis dan desain rancangan dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall.

Penambahan fitur viewing file PDF pada USBLib ini menggunakan tools yang disediakan oleh Google, yaitu Google docs viewer. Fitur ini kemudian diintegrasikan dengan USBLib sehingga user (pengguna perpustakaan) dapat mengakses koleksi perpustakaan Universitas yang terdapat file PDFnya secara online melalui komputer pribadinya. Dengan demikian terdapat peningkatan aksesibilitas user terhadap koleksi yang ada. Dan diharapkan dapat membantu rencana pengembangan perpustakaan Universitas Setia Budi dalam mengurangi koleksi hardcopy tugas akhir dan mengalihkannya menjadi koleksi softcopy.

Keywords: Digital Library System, Waterfall Method, PDF Viewing Online.
Published
2014-11-30
Section
Articles