PERANCANGAN ALAT PENGEPRESS TAHU UNTUK TINGKAT INDUSTRI RUMAH TANGGA DENGAN GOOGLE SKETCHUP

  • Petrus Darmawan Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Setia Budi
  • Erni Suparti Program Studi Teknik Industri, Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih digunakannya alat press tahu tradisional yang berupa batu dengan berat 10 – 15 kg. Batu tersebut diangkat ke atas papan cetak oleh karyawan di industri tahu. Proses tersebut dapat menimbulkan kelelahan pada karyawan karena karyawan harus melakukannya berulang – ulang. Dengan latar belakang tersebut maka dirancanglah alat press tahu yang meringankan beban angkat dari karyawan.

Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut diawali dengan identifikasi masalah, identifikasi kebutuhan pemakai alat, perancangan alternatif desain dengan google sketchup, dan menguji hasil rancangan. Pegujian hasil rancangan dilakukan dengan menghitung konsumsi energi yang dikeluarkan karyawan setelah melakukan pengepressan menggunakan alat hasil rancangan. Hasil perhitungan menunjukkan rata – rata konsumsi energi ketika masih digunakan press tahu manual
sebesar 0,62 kkal/menit. Sedangkan rata – rata konsumsi energi setelah menggunakan alat press tahu hasil rancangan yaitu sebesar 0,25 kkal/menit. Dapat disimpulkan bahwa alat hasil rancangan dapat mengurangi beban karyawan.

Keywords: alat pengepress, google sketchup
Published
2013-11-30
Section
Articles