ANALISIS KARAKTERISTIK PENYEBAB KESUKSESAN PRODUK SHAMPO DI SUKOHARJO

  • Mathilda Sri Lestari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Univet Bantara Sukoharjo
  • Rahmatul Ahya
  • Budi Wibowo

Abstract

Penelitian dengan judul: Analisis Karakteristik Penyebab Kesuksesan Produk Shampo Anti Ketombe ini dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo. Produk Shampo Anti Ketombe yang dijadikan obyek penelitian adalah Pantene, Sunslik, Dove, Lifebuoy, dan Clear.

Indikator yang digunakan untuk mengetahui produk shampo anti ketombe yang sukses dengan menggunakan data market share. Karakteristik produk yang dinilai adalah berdasarkan faktor produk, service, communication, dan time to market. Untuk menentukan produk sukses berdasarkan data market share dengan menggunakan diagram pareto, dengan ketentuan yang masuk dalam 80% diagram pareto. Dari analisis dengan menggunakan diagram pareto dapat diambil kesimpulan bahwa produk sukses shampo anti ketombe di Sukoharjo adalah produk shampo anti ketombe Pantene, Sunlik, Dove, Lifebuoy dan Clear.

Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap ke-lima produk shampoo anti ketombe dapat diambil kesimpulan bahwa produk shampoo anti ketombe yang sukses di Sukoharjo adalah shampoo Pantene karena pada karakteristik produk faktor produk dan service memiliki skor tertinggi, sedangkan communication dan time to market skor tertinggi adalah produk shampoo anti ketombe Lifebuoy.

Keywords: Market Share, Shampo Anti Ketombe, Produk Sukses, Kanvas strategi
Published
2013-05-31
Section
Articles