Pengembangan Strategi Pelayanan Lembaga Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Metode Quality Function Deployment Dan Analytical Hierarchy Process

  • Anthony Prasetya Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Anita Indrasari Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Bagus Ismail Adhi Wicaksana Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Perkembangan lembaga bimbingan belajar sudah mengalami perkembangan yang pesat. Terbukti dengan banyaknya lembaga bimbingan belajar, khususnya lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris di kota Solo. Hal itu mengindikasikan bahwa persaingan lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris di kota Solo semakin kuat dan semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif strategi pelayanan lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris, dengan mengambil studi kasus di ELTI Surakarta.Adapun metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment dan Analytical Hierarchy Process.Data di dalam penelitian ini diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner kepada siswa kursus. Dari hasil penelitian diperoleh 3 paket alternatif strategi pengembangan. Paket alternatif strategi yang memiliki bobot terbesar adalah paket alternatif ke-3 dengan bobot nilai 0.7208, dengan strategi pengembangan sebagai berikut: penambahan serta pemeliharaan toilet secara rutin, sistem kenaikan gaji tentor secara berkala, training karyawan untuk peningkatan keefektifan kinerja karyawan, pengadaan peredam suara di setiap ruang kelas, reward and punishment dan pengadaan SOP bagi setiap karyawan.

Keywords: Quality Function Deployment, Analytical Hierarchy Process, Strategi Pengembangan Kualitas
Published
2013-05-31
Section
Articles