Optimasi Proses Distribusi Es Balok Dengan Menggunakan Metode Capacitated Vehicle Routing Problem

  • Nova Achmad Salim Akbar
  • Bagus Ismail Adhi Wicaksana Program Studi Teknik Industri, Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Perusahaan daerah Es Saripetojo merupakan perusahaan penghasil es balok di Surakarta yang memiliki kapasitas produksi 1045 balok es perhari. Setiap hari perusahaan mengirimkan produk kepada 39 konsumen yang tersebar se-eks Karesidenan Surakarta. Pengiriman produk menggunakan armada sebanyak 10 truk yang berkapasitas 110 balok es pertruk. Permasalahan yang dihadapi adalah belum teraturnya rute dan jumlah permintaan konsumen pada beberapa rute melebihi kapasitas kendaraan yang melayani rute tersebut, terutama rute-rute yang mengalami penitipan pada rute lain atau melakukan pengantaran tambahan. Penitipan atau pengantaran tambahan tersebut akan menambah jarak yang ditempuh kendaraan dan pada akhirnya akan menaikan biaya pengiriman yang harus dibayar oleh perusahaan. Oleh karena itu perlu disusun suatu rute pengiriman usulan dengan mempertimbangkan kapasitas kendaraan sehingga meminimalkan penitipan terhadap rute lain atau pengantaran susulan yang pada akhirnya akan meminimalkan biaya pengiriman.

Metode Capacitated Vehicle Routing Problem adalah suatu metode yang bertujuan untuk mendesain rute-rute yang mungkin dari suatu depot ke sekumpulan titik (node) yang tersebar dengan meminimumkan biaya, dengan kendala bahwa suatu rute harus dimulai dan berakhir pada depot yang sama. Total demand dari node-node dalam rute tersebut tidak boleh melebihi kapasitas dari kendaraan. Dan semua node yang ada harus dikunjungi oleh tepat satu kendaraan, yang kemudian menghitung biaya pengiriman. Biaya pengiriman yang ditimbulkan oleh rute perusahaan dengan biaya
pengiriman rute usulan yang kemudian dibandingkan.

Penelitian ini menghasilkan rute usulan yang terdiri 10 rute dengan biaya pengiriman sebesar 1,923,069 rupiah yaitu biaya yang lebih rendah daripada biaya pengiriman rute perusahaan maupun biaya pengiriman rute usulan Kurniawan (2009). Serta sanggup mengatur armada dengan lebih optimal sehingga meningkatkan utilitas kendaraan.

Keywords: Distribusi, Vehicle Routing Problem, Rute Usulan
Published
2013-05-31
Section
Articles