PENERAPAN SEMANTIC WEB DAN SEMANTIC SEARCH PADA DIGITAL LIBRARY ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (DIGILIB-OPAC) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENCARIAN

  • Adhie Tri Wahyudi Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Setia Budi
  • Anita Indrasari Program Studi S1 Teknik Industri, Universitas Setia Budi

Abstract

OPAC atau Online Public Access Catalog adalah fasilitas pencarian yang selalu ada pada sistem digital library. Perannya menjadi penting ketika user ingin mencari dokumen digital yang tersimpan. Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa Digilib OPAC menunjukkan nilai precision rasio yang cukup rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan kurang relevan dengan yang diharapkan oleh user.

Fasilitas pencarian dengan teknologi semantic web dan semantic search diterapkan untuk mengatasi permasalahan relevansi hasil pencarian. Ontologi dan penggunaan metadata pada penerapan semantic web memberikan kesamaan pemahaman makna kata antara mesin dan user. Kemudian penerapan aturan pengolahan bahasa dan aturan query SWRL pada semantic search menjadikan sistem mampu memahami keyword ataupun kalimat yang diinputkan oleh user dan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan terhadap keinginan user.

Hasil pengujian sistem pencarian terhadap sejumlah kalimat pencarian, menunjukkan nilai precision rasio dan recall rasio yang sama besar, yaitu 1 : 1. Hal ini
memperlihatkan bahwa fasilitas pencarian yang dikembangkan pada digilib-opac mampu memberikan hasil pencarian yang efektif atau lebih relevan terhadap yang diinginkan oleh user.

Keywords: semantic web, semantic search, aturan, rasio precision, rasio recall, OPAC, digital library
Published
2012-11-30
Section
Articles