Analisis Efektivitas Penerapan Operation Breakdown (OB) di PT. Dan Liris melalui Evaluasi Cycle Time dengan Metode Continuous Improvement

  • Wesly Siagian Institut Teknologi Del
  • Rebekka Yessica Hutapea Institut Teknologi Del

Abstrak

PT. Dan Liris memiliki permasalahan pada sistem produksinya. Operation Breakdown (OB) adalah salah satu contoh permasalahan yang terjadi dan berdampak pada pencapaian target produksi, ketepatan shipment, juga harga jual produk. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, terjadi ketidaksesuaian waktu pada OB pada proses produksi. Metode Continuous Improvement digunakan sebagai metode penelitian dalam pemecahan masalah ini. Penelitian ini mengambil data dengan cara observasi lapangan, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini dilakukan dengan batasan orderan produksi berulang minimal tiga kali. Berdasarkan data terkumpul diperoleh cycle time aktual yang kemudian dibandingkan dengan OB. Data yang diperoleh menjadi dasar dalam penentuan solusi. Akar permasalahan yang diperoleh dikelompokkan menjadi lima faktor utama, yaitu man, machine, method, material, dan environment. Dari kelima faktor tersebut, dua faktor yang dapat dilakukan pemecahan masalah yaitu faktor man dan method. Usulan perbaikan yang diajukan ialah pembuatan form prioritas, form checklist penggunaan mesin dan attachment, form output, dan penambahan agenda training leadership. Setelah dilakukan uji coba dan evaluasi implementasi perbaikan diketahui bahwa form-form yang diajukan perlu dilakukan revisi sehingga didapatkan sebuah template form digital sebagai solusi yang akhir yang dapat digunakan.

 Kata kunci: 5M, cycle time, continuous improvement, leadership, operation breakdown

Kata Kunci: 5M, cycle time, continuous improvement, leadership, operation breakdown

Referensi

Anggito, A. and Setiawan, J. (2018) Metodologi Penelitian Kualitatif . 1st edn. Edited by E. D. Lestari. Sukabumi: CV Jejak. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=59V8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Metode+komparatif+merupakan+metode+yang+digunakan+untuk+mencari+jawaban+secara+mendasar+mengenai+sebab-akibat+dengan+menganalisis+faktor-faktor+penyebab+terjadinya+maupun+munculnya+suatu+fenomena+atau+kejadian+tertentu.&ots=5HdCpxguEs&sig=L0R7ZcR3o33vezzhN905xlyjslE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (Accessed: 5 April 2022).

Irfansyah, A. N. (2019) ANALISIS WASTE PADA PROSES PERSIAPAN PENGIRIMAN BARANG DENGAN PENDEKATAN LEAN DI PT TRANS CONTINENT . Politeknik APP Jakarta. Available at: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/43/ (Accessed: 5 April 2022).

Islamiyah, I. and Damingun, D. (2018) Pengaruh Seiton dan Seiketsu dalam Budaya Kaizen terhadap Kinerja Karyawan PT. Trakindo Utama di Samarinda. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Available at: https://dspace.umkt.ac.id/handle/463.2017/647 (Accessed: 5 April 2022).

Kurniawan, D. (2019) ‘Penurunan Produk Cacat Dengan Metode Six Sigma Dan Continuous Improvement Di PT. Cakra Guna Cipta’, Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 5(1), pp. 8–14. doi: 10.36040/jtmi.v5i1.253.

Marselia, T., Katili, P. B. and Wahyuni, N. (2017) ‘Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard di PDAM Tirta Al-Bantani Kabupaten Serang’, Jurnal Teknik Industri, 5(1), pp. 93–98.

Rusdy, M. and HS, M. S. (2018) ‘Pengendalian Kualitas Pada Produk Baja Ringan (Galvalum) Tipe Reng Kanal U Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC)’, Rekayasa Teknik Sipil, 2(1), pp. 1–9.

Sinaga, O. S., Hasibuan A., Priyojadmiko, E. E., Butarbutar, M., Purba, S., Silalahi, K. M., Hidayatulloh, A. N., Muliana (2020) Manajemen Kinerja dalam Organisasi . 1st edn, Yayasan Kita Menulis. 1st edn. Edited by J. Simarmata. Yayasan Kita Menulis. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0kX8DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Adanya+globalisasi+menimbulkan+persaingan+yang+semakin+tajam+di+antara+setiap+perusahaan+yang+satu+dengan+yang+sejenisnya&ots=RkA_Nb1hRd&sig=UUJ1o_vg5ZidOwSzEEG9dZoTa1I&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (Accessed: 5 April 2022).

Sinulingga, M. B. (2018) ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN PADA PROSES PENCETAKAN DI PT. POHON CAHAYA - E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Universitas Atma Jaya. Available at: http://e-journal.uajy.ac.id/16611/ (Accessed: 5 April 2022).

Wardana, H. (2018) ANALISIS MENURUNKAN WAKTU STAGNASI WAITING FOR SERVICE TERHADAP TOTAL LEAD TIME SERVICE KENDARAAN PELANGGAN DAIHATSU. Universitas 17 Agustus 1945. Available at: http://repository.untag-sby.ac.id/676/ (Accessed: 5 April 2022).

Zuniawan, A., Julyanto, O. and Suryono, Y. B. (2020) ‘Implementasi Value Stream Mapping Pada Manufaktur Belt Conveyor Part Untuk Mengurangi Cycle Time’, Journal Industrial Servicess, 5(2), pp. 257–263. doi: 10.36055/jiss.v5i2.8009.
Diterbitkan
2022-12-17
Bagian
Articles