Penggunaan Analisis SWOT pada Skenario Baru Pengisian Daya untuk Kendaraan Listrik

  • Bekti Nugrahadi Universitas Sahid Surakarta
  • Nasyita Vivi Amalia
  • Isna Nugraha Universitas Veteran Jawa Timur
  • Erna Indriastiningsih Universitas Sahid Surakarta

Abstrak

Jumlah kendaraan listrik di Indonesia saat ini semakin meningkat. Salah satu masalah yang menjadi penghambar perkembangan kendaraan listrik adalah waktu pengisian yang lama. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi masalah waktu pengisian yang lama, termasuk adanya baterai swapping, akan tetapi hal tersebut masih belum dapat diterapkan untuk semua jenis kendaraan listrik di Indonesia. Fasilitas pengisian kendaraan listrik di Indonesia masih terbatas, sehingga perlu adanya strategi bisnis yang baik untuk meminimalisir antrian dan ketidakpastian dalam waktu menunggu oleh pelanggan. Penelitian ini membahas skema bisnis dari beberapa cara pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia dan mengkaji kelebihan dan kekurangan masing-masing skema bisnis menggunakan analisis SWOT. Strategi dalam analisis SWOT tersebut adalah meningkatan promosi dan edukasi kepada masyarakat, meningkatan pelayanan dan jumlah lokasi charging station, menetapkan harga yang bersaing dan memperluas kemitraan.

Kata Kunci: EV Charging, Kendaraan Listrik, Skema Bisnis

Referensi

Al-Wreikat, Y., Serrano, C. and Sodré, J.R. (2021) ‘Driving behaviour and trip condition effects on the energy consumption of an electric vehicle under real-world driving’, Applied Energy, 297(April). Available at: https://doi.org/10.1016/j.apenergy.2021.117096.

Babic, J., Carvalho, A., Ketter, W., and Podobnik, V., (2022) ‘A data-driven approach to managing electric vehicle charging infrastructure in parking lots’, Transportation Research Part D: Transport and Environment, 105(February), p. 103198. Available at: https://doi.org/10.1016/j.trd.2022.103198.

Hemavathi, S. and Shinisha, A. (2022) ‘A study on trends and developments in electric vehicle charging technologies’, Journal of Energy Storage, 52(PC), p. 105013. Available at: https://doi.org/10.1016/j.est.2022.105013.

Kaleybar, H.J., Brenna, M. and Foiadelli, F. (2020) ‘EV charging station integrated with electric railway system powering by train regenerative braking energy’, 2020 IEEE Vehicle Power and Propulsion Conference, VPPC 2020 - Proceedings, pp. 0–5. Available at: https://doi.org/10.1109/VPPC49601.2020.9330920.

Di Martino, A., Miraftabzadeh, S.M. and Longo, M. (2022) ‘Strategies for the Modelisation of Electric Vehicle Energy Consumption: A Review’, Energies, 15(21), p. 8115. Available at: https://doi.org/10.3390/en15218115.

Romero, A. M., Di Martino, A., Longo, M., Barelli, L., and Zaninelli, D., (2022) ‘Full Implementation of Electric Mobility in a Countryside Region of Spain’, Energies, 15(17), pp. 1–19. Available at: https://doi.org/10.3390/en15176336.

Nugrahadi, B., Sutopo, W. and Hisjam, M. (2020) ‘Determination of the Charging Station Facility Location-Allocation Model by Considering the Closest Distance: Case Study in Solo City’, ACM International Conference Proceeding Series [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1145/3429789.3429848.

Presiden Republik Indonesia (2019) ‘Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan’, Republik Indonesia, (55), pp. 1–22.

Wibisono, I. B., Nugrahadi, B., Sutopo, W., and Yuniasristanto (2022) ‘Development of Location-Allocation Model of Network Design for Battery Swapping Station and Battery Charging Station Facilities for E-Trike and E-Motorcycle’, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, https://ieomsociety.org/proceedings/2022istanbul/555.pdf?CFID=26675474-7953-4e84-9ad9-498dde03789f&CFTOKEN=0.

Zhang, X., Liang, Y., Yu, E., Rao., and Xie, J., (2017) ‘Review of electric vehicle policies in China: Content summary and effect analysis’, Renewable and Sustainable Energy Reviews, 70(November), pp. 698–714. Available at: https://doi.org/10.1016/j.rser.2016.11.250.
Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Articles