Peningkatan Kepuasan Konsumen Produk Kacang Panggang Menggunakan Pendekatan Kansei Engineering dan Kano Model
Studi Kasus : Kacang Panggang PT Dua Kelinci
Abstract
Kacang panggang produk PT. Dua Kelinci memiliki kompetitor terbanyak dibandingkan jenis kacang yang lainnya yang mengakibatkan penurunan penjualan yang stabil. Pada bulan Juni hingga Agustus 2015 terjadi rata-rata penurunan penjualan sebesar 38,5%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik produk kacang panggang Dua Kelinci sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen kacang panggang.
Pada penelitian ini digunakan metode Kansei Engineering dan Kano. Hasil dari pengolahan data diperoleh karakteristik produk kacang panggang PT. Dua Kelinci yang diharapkan konsumen adalah kemasan berwarna gradasi, kemasan berukuran kecil, bentuk kacang tanpa balutan tepung (sample bentuk 3), tekstur yang tidak terlalu renyah (sample tekstur 2), beraroma kacang yang khas (sample aroma 2) dan rasa kacang adalah ayam bawang (sample rasa 3).
Kata Kunci : kepuasan konsumen, kacang panggang, Kansei Engineering, Kano model
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.