Mengukur Kelayakan Ekonomi Proyek Paperless Office Menggunakan Metode Cost & Benefits Analysis (Studi Kasus: Industri Garment)

  • Nancy Oktyajati Teknik Industri, Universitas Islam Batik
  • Sri Mayasari Teknik Industri, Universitas Islam Batik
  • Hardik Widananto Teknik Industri, Universitas Islam Batik

Abstrak

Tulisan ini membahas tentang studi kelayakan ekonomi dari proyek pengadaan perangkat komputer dan tablet pada perusahaan sebagai salah satu bagian usaha dalam paperless office. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kelayakan investasi untuk meningkatkan produktivitas, penghematan biaya, efisiensi tempat dan mengurangi dampak lingkungan. Perangkat komputer dan tablet digunakan untuk mengurangi biaya penggadaan dokumen yang biasanya dilakukan proses photocopy dan didistribusikan ke departemen lain. Pengukuran kelayakan investasi menggunakan Cost and Benefit Ratio Analysis. Perangkat ekonomi yang digunakan dalam studi kelayakan investasi ini antara lain Payback Period, Net Present Value (NPV), Return on Investment (ROI) dan Internal Rate of Return (IRR). Hasil analisis ekonomi dengan menggunaka metode cost benefit ratio untuk proyek paperless office adalah bahwa proyek layak diterima.

Kata Kunci: cost and benefit ratio, internal rate of return, net present value, paperless office, payback periode, return on investment
Diterbitkan
2019-05-31
Bagian
Articles