Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Judul Artikel Bahasa Indonesia Disusun Secara Ringkas, Padat Dan Tegas (Times New Roman 16, Single Space, Bold, Italic, Align Text Center)

 Judul Artikel Bahasa Inggris Disusun Secara Ringkas, Padat Dan Tegas (Times New Roman 14, Single Space, Bold, Italic, Align Text Center)

Nama Penulis tanpa gelar akademik*

Asal institusi

*Corresponding Author: xxx@xyz.ac.id

Contoh:

Dian Kresnadipayana1, Sutarno2 dan Mohammad Masykuri3

1Program Studi D-IV Analis Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta

2Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Sebelas Maret Surakarta

3Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta

*Corresponding Author: diankresna@setiabudi.ac.id

 

 

(Times New Roman 11Bold for author, Single Space, Align Text Center)

ABSTRAK

Abstrak ditulis pendek hanya 250 kata (maks) dan hanya terdiri dari satu paragraf yang berisi latar belakang singkat, tujuan penelitian, metode penelitian dalam ringkasan, hasil utama dari temuan termasuk fakta baru, kesimpulan utama, dan implikasi. Itu harus berisi semua kata kunci; tidak termasuk tabel, ilustrasi, referensi, singkatan, dan akronim yang tidak dijelaskan; tidak mengandung informasi atau kesimpulan yang tidak ada dalam naskah. Jangan ulangi judul secara abstrak. Intinya secara abstrak adalah untuk menyampaikan apa yang telah dilakukan dan yang telah diperoleh. (Times New Roman 12, Single Space, Align Text ke kiri dan kanan).

Kata kunci: bakteri, tanaman, darah (mewakili judul dan abstrak)

ABSTRACT

Translate ke English dan italic

Key word: bacteri, plant, blood

PENDAHULUAN

Pendahuluan pada dasarnya berisi deskripsi masalah atau alasan penelitian atau pernyataan logis yang mengarah pada hipotesis atau tema utama. Bagian Pendahuluan harus terdiri dari:

  1. Latar belakang umum penelitian (kiat: jaga maksimal satu paragraf);
  2. Referensi jurnal penelitian serupa lainnya (sebelumnya) untuk membenarkan penelitian baru dalam artikel ini (tips: satu hingga dua paragraf);
  3. Perpustakaan referensi dalam keadaan sebelumnya dari bagian penelitian seni harus terkini, relevan, dan asli (literatur primer) dari tinjauan literatur tidak terlalu luas;
  4. Gap analisi mengandung dua elemen, yaitu, dari aspek penting dari penelitian dan apa keunikan atau kebaruan penelitian dibandingkan dengan penelitian sebelumnya);
  5. Hipotesis (jika ada) tidak selalu dinyatakan dan tidak perlu dalam bentuk kalimat.
  6. Menulis dengan menggunakan (Times New Roman 14, 1,15 Spasi, Align Teks ke kiri dan kanan). dan indentasi 6 keran. Penulisan kutipan dan daftar pustaka harus menggunakan manajer referensi seperti Mendeley dan lainnya dengan gaya AMA. Jika ada kata yang tidak berasal dari bahasa Indonesia, kata itu harus dicetak miring.

 METODE PENELITIAN

Metode penelitian terdiri atas Metode Penelitian: Rancangan Penelitian, Populasi dan Sampel Penelitian, Alat dan Bahan, Prosedur Penelitian dan Analisis Data.

 HASIL DAN PEMBAHASAN

(Times New Roman 14, 1,15 Space, Bold, Align Text to both the left dan right).

Ilustrasi hasil penelitian dapat menggunakan grafik /tabel /gambar. Hasil yang dikemukakan hanyalah temuan yang bermakna dan relevan dengan tujuan penelitian.

Judul gambar atau grafik ditulis dengan huruf berukuran 12 pt dan diletakkan di bawah gambar atau grafik.Isi tabel ditulis dengan Times New Roman ukuran 12 pt spasi 1 dan berjarak 0.5 pt dibawah judul tabel. Judul tabel ditulis dengan huruf berukuran 11 pt, bold dan ditempatkan diatas tabel. Tabel tidak menggunakan garis vertikal. Penomoran tabel menggunakan angka Arab (1,2,....). Tabel diletakkan segera setelah disebutkan di dalam naskah. Apabila memungkinkan tabel dibuat pada 1 kolom saja, namun apabila tidak memungkinkan buat pada 2 kolom.

Argumentasi penulis logische? bagaimana hubungan penulis dengan pendapat atau hasil penelitian lainnya? bagaimana menghubungkan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan atau hipotesis? Apakah ada implikasi dari hasil teoritis dan implementasi, interpretasi penulis yang berguna? Apakah ada batasan temuan? adakah spekulasi yang berlebihan?

Panduan praktis lain yang dapat digunakan sebagai kiat atau strategi untuk menulis bagian Hasil dan Diskusi adalah bahwa bagian ini mengandung setidaknya yang berikut ini:

Apa: apakah data yang disajikan telah diproses (bukan data mentah), dituangkan dalam bentuk tabel atau gambar (pilih satu), dan diberi informasi yang mudah dimengerti?

Mengapa: di bagian diskusi ada hubungan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan / atau hipotesis?

Apa lagi: adakah kesesuaian atau konflik dengan hasil penelitian orang lain?

Apakah juga disarankan untuk menulis tentang implikasi dari hasil penelitian teoritis dan implementasi?

Pertanyaan lain yang dapat digunakan sebagai referensi: Apakah hipotesis didukung oleh hasil? Mengapa hasilnya bisa seperti itu? Bagaimana studi ini dapat ditingkatkan? Apa arah masa depan untuk penelitian tentang topik ini? Apa aplikasi praktis dari penelitian ini? Apa yang bisa disimpulkan dari penelitian ini?

Pembahasan mengemukakan keterkaitan atau kesesuaian antara hasil penelitian dengan teori serta perbandingan hasil penelitian dengan hasil penelitian lain yang sudah dipublikasikan. Pembahasan menjelaskan pula implikasi temuan yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan dan pemanfaatannya.

KESIMPULAN

Kesimpulan menjawab tujuan penelitian. (dibuat dalam narasi, tidak per point-point).

 UCAPAN TERIMA KASIH

Jika ada sampaikan secara singkat. Nama orang atau pemeberi dana atau hibah penelitian atau pengabdian, lebih lengkap dicantumkan no.kontrak dan tahun.

 DAFTAR PUSTAKA

(Times New Roman 14, 1,15 Space, Bold, Align Text to both the left dan right).

 Dengan sistem harvard. Gunakan salah satu aplikasi Mendeley. Huruf yang digunakan Times New Roman ukuran 11 spasi 1. Referensi minimal 15 referensi primer, bukan tugas akhir KTI atau skripsi, tesis dan desertasi masih diperbolehkan. Total referensi 80% referensi primer (jurnal).

Download Template Jurnal

Submission Guidelines

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.