Isolasi Bakteri Penghasil Poli-â-Hidroksi Butirat (PHB) dari Limbah Cair Tapioka

  • Ifandari Ifandari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta
  • Reny Pratiwi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Limbah cair tapioka merupakan limbah yang kaya akan sumber karbon dan berpotensi sebagai bahan baku pembuatan Poli-â-Hidroksi Butirat (PHB). Limbah ini belum dimanfaatkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan isolat bakteri yang menghasilkan PHB sehingga limbah cair tapioca dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai bahan pokok pembuatan PHB tanpa penambahan agen baktreri lain di luar limbah.

Penelitian ini dilakukan di laboratorium Mikrobiologi USB dan laboratorium Biologi Tanah, UNS. Sampel limbah cair tapioka didapatkan dari daerah desa Margoyoso, kab. Pati, prov. Jawa Tengah. Teknik isolasi bakteri dengan seri pengenceran dari 102 sampai 106 yang ditumbuhkan secara taburan pada medium nutrient agar. Dari 46 koloni yang dipisahkan, didapatkan 15 plate yang positif menghasilkan PHB. Komunitas bakteri yang ada pada tiap biakan dari ke 15 plate terdiri dari 4 jenis. Jenis bakteri yang adalah bentuk bacill panjang, basil pendek, cocus dan spiral.

Published
2014-09-30
How to Cite
Ifandari, I., & Pratiwi, R. (2014). Isolasi Bakteri Penghasil Poli-â-Hidroksi Butirat (PHB) dari Limbah Cair Tapioka. Biomedika, 7(2), 15-19. https://doi.org/https://doi.org/10.31001/biomedika.v7i2.180