Keragaman Ikan Anggota Ordo Perciformes di Sungai Sukamade Taman Nasional Meru Betiri

  • Rizal Maarif Rukmana Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Trijoko Trijoko Fakultas Biologi, UGM
  • Rarastoeti Pratiwi Fakultas Biologi, UGM

Abstract

Kawasan Taman Nasional Meru Betiri memiliki fauna sebanyak 217 jenis, namun spesies ikan yang ada di sana masih belum diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman spesies ikan anggota Ordo Percifomes di Sungai Sukamade Taman Nasional Meru Betiri, Provinsi Jawa Timur.

Pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposif sampling, alat yang digunakan untuk menangkap ikan adalah jala tebar. Identifikasi sampel dilakukan di Laboratorium Sistematika Hewan Fakultas Biologi UGM dengan menggunakan buku kunci identifikasi Freshwater Fishes of Western Indonesia and Sulawesi (Kottelat dan Whitten, 1993). Data karakter morfologi dipaparkan secara deskriptif dan digunakan untuk membedakan antar spesies. Data morfologi, morfometri dan meristik diubah dalam bentuk data kuantitatif dan digunakan dalam pembuatan dendogram dengan menggunakan UPGMA pada progam MVSP.

Hasil identifikasi ikan terdiri atas 9 famili, 13 genus dan 13 spesies. Keragaman spesies ikan anggota Ordo Perciformes di Sungai Sukamade Taman Nasional Meru Betiri, Provinsi Jawa Timur relatif rendah.

Published
2014-09-30