Optimasi Sediaan Floating Tablet Kaptopril Sistem Effervescent dengan Metode D-Optimal Design

  • Nur Aini Dewi Purnamasari Fakultas Farmasi, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Meta Kartika Untari Fakultas Farmasi, Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Kaptopril merupakan obat antihipertensi dan efektif pada penanganan gagal jantung, memiliki waktu paruh yang pendek dan indeks terapi yang sempit. Formulasi tablet floating kaptopril diharapkan mengurangi frekuensi pemberian obat dan mengurangi fluktuasi konsentrasi obat dalam darah. Formulasi tablet floating kaptopril dibuat menggunakan matriks hidroksipropil metilselulosa K15M dan komponen effervescent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh matriks hidroksipropil metilselulosa K15M dan komponen effervescent terhadap sifat fisik tablet serta mengetahui proporsi formula optimum tablet floating kaptopril.

Penelitian ini dilakukan dengan metode d-optimal design dengan lima formula. Respon yang diukur dari formulaformula tersebut meliputi waktu alir, sudut diam, keseragaman bobot, kekerasan tablet, kerapuhan tablet, floating time tablet dan disolusi tablet yang digunakan sebagai parameter untuk menentukan formula optimum.

Penggunaan hidroksipropil metilselulosa K15M sebagai matriks dan komponen effervescent pada berbagai konsentrasi berpengaruh terhadap sifat fisik granul dan sifat fisik tablet dan profil disolusinya. Kombinasi hidroksipropil metilselulosa K15M sebagai matriks dan komponen effervescent dengan perbandingan 105 mg : 110 mg dapat membentuk tablet floating kaptopril dengan sifat fisik tablet yang optimum sesuai dengan metode d-optimal design.

Published
2015-09-30
How to Cite
Purnamasari, N., & Untari, M. (2015). Optimasi Sediaan Floating Tablet Kaptopril Sistem Effervescent dengan Metode D-Optimal Design. Biomedika, 8(2), 25-31. https://doi.org/https://doi.org/10.31001/biomedika.v8i2.202