Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Rasio Lingkar Pinggang Pinggul terhadap Kadar Kolesterol LDL Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi Surakarta

  • Niniek Yusida Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta
  • F. Pramonodjati Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Kingkin Wuskawuri Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Indeks massa tubuh dan rasio lingkar pinggang pinggul merupakan salah satu cara untuk mengukur apakah seseorang memiliki berat berat badan kurang atau berat badan berlebih. Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi kadar kolesterol LDL dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan Indeks Massa Tubuh, rasio lingkar pinggang pinggul dan kadar kolesterol LDL.

Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional untuk mencari hubungan antara Indeks Massa Tubuh, Rasio Lingkar Pinggang dan kadar kolesterol LDL. Subyek penelitian berjumlah 35 orang Mahasiswa Fakutas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi. Teknik analisis data menggunakan Analisa Chi Square untuk mengetahui hubungan antara Indeks Massa Tubuh dan kadar kolesterol LDL serta mengetahui hubugan Rasio Lingkar Pinggang Pinggul dan kadar kolesterol LDL. Anova dua arah dilakukan untuk mengetahui interaksi Indeks Massa Tubuh dan Rasio Lingkar Pinggang Pinggul terhadap kadar kolesterol LDL.

Hasil analisa menunjukkan nilai sig = 0,641 untuk hubungan IMT dan kadar kolesterol LDL, nilai sig = 0,024 untuk hubungan RLPP dan kadar kolesterol LDL dan nilai sig = 0,182 untuk interaksi IMT dan RLPP terhadap kadar kolesterol LDL. Pada penelitian ini dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan IMT dan kadar kolesterol LDL, terdapat hubungan RLPP dan kadar kolesterol LDL, dan tidak terdapat interaksi antara IMT dan RLPP terhadap kadar kolesterol LDL.

Published
2016-09-30