Penurunan Kadar Timbal dalam Air Menggunakan Bentonit Teraktivasi

  • Fandhi Adi Wardoyo Program Studi DIII Analis Kesehatan, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang Jl. Kedungmundu Raya no 18 Semarang

Abstract

Timbal merupakan salah satu bahan pencemar yang banyak terdapat di dalam perairan. Timbal di perairan yang masuk ke dalam tubuh dapat mempengaruhi sistem syaraf, hormon dan juga jantung. Untuk mengurangi pencemaran timbal di perairan, maka diperlukan suatu adsorben yang mampu menyerap timbal. Salah satu adsorben yang banyak digunakan adalah bentonit.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan kadar timbal dalam perairan menggunakan bentonit yang telah diaktivasi. Bentonit yang digunakan merupakan bentonit alam yang diayak lolos 170 mesh. Bentonit selanjutnya diaktivasi menggunakan H3 PO4 KCl dan NH4 OH dengan konsentrasi 0,05M. Waktu kontak dilakukan selama 1 jam.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kondisi optimum didapat dari bentonit teraktivasi NH4 OH dengan konsentrasi teradsorpsi rata-rata sebesar 86,36 ppm.

Published
2016-09-30