MULTIPLIKASI DENDROBIUM WALTER OUMAY DALAM MEDIUM NEW PHALEONOPSIS

  • Kartinah Wiryosoendjoyo Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Edy Prasetyo Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Perkembangbiakan Dendrobium secara in vitro dengan metode kultur jaringan umumnya dilakukan dengan eksplan pseudobub muda. Pemotongan pseudobulb muda merugikan petani anggrek, karena dari pseudobulb muda ini kelak akan menghasilkan kuncup bunga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tumbuh nodus dari pseudobulb tua anggrek Dendrobium secara in vitro.

Medium dasar yang digunakan adalah medium New Phaleonopsis (NP). Penambahan zat pengatur tumbuh (zpt) adalah kombinasi furfuril amino purin (kinetin) dan α-Naphtalena Acetic Acid (NAA) kadar 0, 1, 2, 3 dan 4 ppm dengan metode Mohr yang dimodifikasi. Pengirisan eksplan pada nodus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan zpt NAA dan kinetin dapat merangsang pertumbuhan mata tunas pseudobulb tua dan pseudobulb muda anggrek Dendrobium Wolter Oumay. Nodus pseudobulb tua tumbuh paling baik pada medium dengan kombinasi zpt NAA 2 ppm dan kinetin 2 ppm. Mata tunas pseudobulb muda tumbuh baik pada medium NP dengan penambahan NAA 4 ppm.

Published
2013-03-31