Efektifitas Senam Vitalisasi Otak terhadap Fungsi Kognitif Lansia dengan Demensia Tahap Awal

  • Yulisna Mutia Sari Prodi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Estri Yuliniarsi Alumni Prodi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Roisatun Nisa' Failsaufah Tiara Alumni Prodi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Penuaan merupakan proses kehidupan yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif. Penurunan fungsi kognitif akan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup seseorang serta peran sertanya di masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan fungsi kognitif adalah dengan melakukan senam vitalisasi otak.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan vitalisasi otak terhadap fungsi kognitif pada lansia dengan demensia tahap awal.
Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimental dengan pendekatan pre and post test design with control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah lansia di Panti Wreda Aisyiyah dan Dharma Bakti Surakarta yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yaitu 11 lansia untuk kelompok perlakuan dan 11 lansia untuk kelompok kontrol. Status demensia ditandai dengan Clock Drawing Test dan alat ukur untuk menentukan perubahan fungsi kognitif menggunakan Pemeriksaan Status Mental Mini. Kelompok perlakuan diberi latihan vitalisasi otak 3 kali seminggu dalam waktu 6 minggu.

Dari hasil uji Paired T-Test didapatkan hasil kelompok perlakuan menunjukkan nilai p = 0,03 yang menunjukkan pengaruh signifikan latihan vitalisasi otak terhadap perbaikan fungsi kognitif. Sedangkan hasil uji Independent Samples T-test didapatkan nilai p = 0,06, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan senam vitalisasi otak terhadap fungsi kognitif antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan vitalisasi otak efektif untuk meningkatkan dan mempertahankan fungsi kognitif pada lansia dengan demensia tahap awal.

Published
2018-02-11