Korelasi antara Neutrophyl Lymphocyte Ratio dengan Stadium Kanker pada Pasien Kanker Payudara

  • Irma Ningsih Yuvita Fallo Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Rina A. Sidharta Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta
  • Lucia Sincu Gunawan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi Surakarta

Abstract

Kanker payudara merupakan salah satu kanker penyebab kematian pada wanita. Banyak wanita yang menyadari terserang kanker payudara setelah kanker masuk pada stadium lanjut, sehingga tidak ada proses deteksi dini yang dapat meningkatkan peluang kesembuhan dengan tata laksana di awal penyakit. Stadium kanker payudara meliputi; Stadium I, II, IIIA, IIIB dan IV. Peningkatan Neutrophi lLymphocyte Ratio (NLR) dikaitkan dengan peningkatan kematian pada keganasan kanker payudara.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara NLR dengan stadium kanker pada pasien kanker payudara.

Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah concecutive sampling. Pasien diambil sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi, diurutkan sampai jumlah sampel terpenuhi. Besar sampel pada penelitian ini adalah 55 sampel. Waktu penelitian dilakukan pada bulan April – Juni 2018 di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi di Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari rekam medis laboratorium Patologi Klinik dan
laboratorium Patologi Anatomi pasien yang terdiagnosis kanker payudara dan teknik analisis data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov kemudian dilanjutkan dengan uji Spearman.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan correlation coefficient (r) sebesar 0,350, probabilitas (p) sebesar 0,009. Maka, nilai ini menunjukkan korelasi yang lemah, positif dan bermakna antara NLR dengan stadium kanker payudara. Perlu dilakukan penelitian selanjutnya menggunakan data primer, sehingga dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan NLR.

Kata Kunci : Neutrophyl Lymphocyte Ratio, Stadium kanker, Kanker payudara

Published
2018-09-07